Rabu

News IT 17-12-2008

1. Teknologi hardware terbaru

a. Intel Aplikasikan Teknologi Pendingin Jet Pada Laptop

Intel ingin memastikan agar laptop tetap dapat dipakai sesuai namanya — dipangku dengan nyaman di atas pangkuan pengguna. Dalam mengantisipasi datangnya berbagai macam laptop super tipis tahun depan, Intel memperlihatkan sebuah teknologi pendingin untuk memastikan laptop yang tidak memiliki rongga udara besar tetap dapat beroperasi dalam keadaan dingin.

Menurut Mooly Eden, teknologi pendingin pada laptop ultra tipis hari ini menitik beratkan pada pencegahan meningkatnya temperatur komponen internal laptop dan tidak banyak mengambil aliran udara dari luar.

Eden mengatakan bahwa “saat Anda merancang laptop yang sangat tipis, teknologi pendingin adalah sebuah tantangan besar. Apabila Anda memangku laptop di pangkuan, laptop sering terasa tidak nyaman, terlalu panas.” Mempertahankan temperatur rendah pada laptop adalah tantangan terbesar dalam merancang laptop super tipis seperti MacBook Air atau HP Voodoo Envy 133. “Apabila masalah ini tidak terselesaikan, laptop tidak dapat dibuat semakin tipis,” lanjut Eden.

Eden kemudian memperlihatkan sebuah animasi mesin jet untuk mendemonstrasikan argumennya. Bagian dalam sebuah mesin jet dapat mencapai 1.000 derajat celsius, akan tetapi rangka luar dari mesin jet harus tetap dingin karena terhubung langsung ke sayap pesawat terbang yang menyimpan bahan bakar. Untuk menjauhi panas mesin dari sayap, teknologi pendingin laminar air cooling diterapkan. Laminar flow mendeskripsikan keadaan di mana cairan — atau udara mengalir dalam beberapa lapisan parallel.
Teknologi pendingin mutakhir Intel

Intel mendemonstrasikan sebuah sistem yang menggunakan teknologi laminar air flow untuk menghilangkan panas dari permukaan laptop, dan mereka “sudah melisensikan teknologi ini kepada beberapa pelanggan agar mereka dapat terus membuat laptop yang semakin tipis.”

Dalam acara yang sama, Intel juga mendiskusikan platform laptop Intel yang akan datang Calpella yang dibuat berdasarkan Nehalem. Eden menekankan bahwa controller grafis maupun memori sudah akan terintegrasi ke dalam CPU. Calpella juga mampu dengan leluasa mematikan/menghidupkan kembali core CPU sesuai kebutuhan. Fitur ini sangat penting untuk mempertahankan daya tahan baterai pada laptop berbasis Calpella quad core. (via Cnet)
b. The Spotlight Turns to Notebooks, Apple Siapkan Laptop $800

Sesuai gosip yang telah beredar sebelumnya, Apple telah mengirimkan berbagai undangan pada perusahaan media untuk menghadiri sebuah acara di markas besar Apple di Cupertino pada tanggal 14 Oktober. Undangan ini berjudul “The spotlight turns to notebooks” dan memperlihatkan sebuah foto notebook belum pernah terlihat sebelumnya, jadi satu hal yang pasti adalah Apple akan mengeluarkan produk laptop baru, minimal upgrade MacBook dan MacBook Pro dan tampaknya kita juga akan melihat satu produk baru lagi yang berharga di bawah $1000.
Undangan acara Apple
Brick

Diduga laptop-laptop baru yang akan dikeluarkan Apple diproduksi dengan teknologi baru bernama “Brick” — sebuah proses manufaktur baru yang revolusioner, dikatakan sebagai salah satu inovasi Apple yang terbesar dalam satu dekade terakhir. Brick mengukur casing laptop lengkap dari satu blok aluminum utuh (sekelas pesawat terbang) untuk menghasilkan desain yang sama sekali berbeda dengan harga yang lebih murah.

Inovasi baru ini disebut-sebut sebagai sesuatu yang “tidak akan dapat disaingi kompetitor lainnya selama beberapa waktu.” Casing laptop hari ini harus menggabungkan beberapa lempengan logam menjadi satu dengan baut atau mekanisme lainnya, tidak demikian dengan proses manufaktur Brick. Lihatlah foto di bawah ini yang memperlihatkan casing yang digosipkan merupakan kulit luar dari MacBook Pro. Apple lagi-lagi akan membawa definisi aestetika dalam industri komputer ke tingkat baru.
Foto Brick
Foto diambil dari Inquisitr
Laptop $800

Salah satu alasan utama mengapa PC berbasis Windows masih dominan dibandingkan Mac adalah harganya yang tinggi, terutama apabila dibandingkan dengan PC berharga murah yang ditawarkan berbagai vendor. Beberapa analis juga sebelumnya mengatakan bahwa penjualan Apple terancam turun, tergerus oleh mendadak populernya produk netbook, terlebih lagi keadaan ekonomi dunia yang memburuk akan menyebabkan konsumen berpikir dua kali sebelum membeli produk mahal (harga MacBook dimulai dari $1099).

Ancaman ini tampaknya tidak didiamkan begitu saja oleh Apple yang ternyata sudah menyiapkan sebuah laptop (lebih) murah. Menurut sumber Inquisitr yang terpercaya, toko retil Apple telah menerima daftar harga yang mencantumkan 12 harga jual yang berbeda, berkisar antara $800 hingga $3100. Daftar harga notebook Apple sebelumnya hanya memiliki 8 harga yang berbeda, 3 untuk MacBook yang dimulai dari $1099, 3 untuk MacBook Pro dan 3 untuk MacBook Air.

Apabila benar Apple akan memperkenalkan sebuah laptop (dan bukan produk lain seperti tablet PC) berharga $800, debutnya produk baru dalam lini produk MacBook ini akan menjadi satu lagi hal yang perlu dipusingkan Microsoft yang pangsa pasarnya di segmen PC mewah tergerus Apple, sedangkan Linux juga melakukan hal yang sama, dari arah yang berlawanan (netbook dan UMPC).
c. Asus Siapkan Eee PC dengan Layar Sentuh

Logo AsusTidak diragukan lagi kalau Eee PC telah menjadi salah satu lini produk unggulan Asus, membuka segmen netbook baru dan mendongkrak keuntungan perusahaan. Oleh karena itu dapat dimengerti bahwa perusahaan asal Taiwan ini berniat untuk memperluas lini produk Eee PC tahun depan dengan memperkenalkan beberapa model baru yang berbeda dari yang lain, terutama karena segmen netbook sudah mulai padat oleh berbagai kompetitor. Menurut Samson Hu, GM bisnis Eee PC di Asus model-model baru ini bertujuan untuk semakin mendongkrak pertumbuhan pendapatan Asus.

Detil pasti model Eee PC yang akan diperkenalkan masih belum banyak, akan tetapi Asus berencana meluncurkan sebuah model dengan layar sentuh di kuartal pertama 2009. Walaupun tidak membocorkan informasi teknis dari Eee PC berlayar sentuh ini, Hu mengatakan bahwa Asus berencana untuk memamerkan produk ini di CES 2009 yang akan diselenggarakan pada tanggal 8 sampai 11 Januari 2009 di Las Vegas.

Selain itu, Asus juga berencana merilis Eee PC yang diperkuat oleh Intel Atom dual core beberapa saat setelah Intel mulai menjual produk tersebut. Jadwal rilis produk ini belum ditetapkan tetapi sudah pasti akan memberikan kinerja yang lebih baik dibandingkan sebagian besar netbook lainnya di pasaran.

Yang terakhir, Jerry Shen CEO Asus juga mengatakan bahwa Asus tengah mengembangkan sebuah model Eee PC baru yang akan mengantarkan netbook lebih dekat lagi ke tujuan awal mereka, yaitu sebagai PC yang sangat portabel, ringan dan murah.. Model ini diduga untuk dirilis tahun depan, dijual dengan harga kurang dari $307. (Softpedia)

Selain produk-produk masa depan ini, Asus belakangan ini terus mengeluarkan laptop baru dengan kecepatan yang mengagumkan, mulai dari Eee PC S101 yang modis hingga laptop aneh yang datang dengan Air Ionizer hingga DVD yang mengemas keygen.

2. Teknologi internet terbaru
a. Youtube Kini Mendukung Tampilan Teater

Setelah beberapa hari sebelumnya mengumumkan sistem upload terbaru dan kapasitas upload yang ditingkatkan sampai 1GB, Youtube menambahkan dua fitur baru yang membuat pengalaman menonton video semakin menarik, yaitu Theatre view dan Lights off.
Theatre View

Theatre view akan membuat suasana menonton video seperti di gedung teater. Mengklik ikon bergambar jendela teater akan mengubah tampilan YouTube menjadi tampilan teater dengan sedikit animasi, dimulai dengan latar belakang menjadi gelap, lalu bagian sidebar sebelah kanan akan turun diikuti dengan munculnya latar belakang bergambar tirai warna merah dibarengi dengan video yang melebar ke tengah halaman. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Lights Off

Untuk melengkapi fitur Theater view, disediakan pula fitur Lights off yang dapat membuat tampilan di luar kanvas video menjadi gelap. Fitur tersebut akan diaktifkan secara otomatis saat ikon Theater view diklik. Untuk mematikan fitur ini pengguna hanya perlu mengklik ikon bergambar lampu bohlam.

Kedua fitur tersebut hanya muncul pada video berdurasi panjang (lebih dari 20 menit). Masih belum jelas bagaimana video berdurasi lebih dari 10 menit bisa muncul di Youtube (saya juga pernah menemukan video berdurasi lebih dari 1 jam). Tapi jumlah video tersebut hanya ada 340 dan kebanyakan tersebut berasal dari seri Authors@Google, Standford University, Carnegie Mellon University and Vancouver Film School.

Anda dapat membatasi hasil pencarian video hanya yang berdurasi panjang saja. Caranya dengan menambahkan “&longform=1” di bagian belakang URL hasil pencarian. Contohnya saya memasukkan kata kunci Steve Jobs pada kotak pencarian dan menekan enter/ klik search. Maka di address bar akan muncul URL sebagai berikut:

http://www.youtube.com/results?search_query=steve+jobs&search_type=&aq=f

Ganti bagian belakang URL tersebut (”&aq=f“) dengan “&longform=1” . Sehingga menjadi:

http://www.youtube.com/results?search_query=steve+jobs&search_type=&longform=1

Via GoogleSystem
b. Hati-hati Terhadap YouTube Palsu Penyebar Malware

Pengguna Internet yang sudah mahir tau bahwa mengunduh program komputer yang mencurigakan adalah hal paling berbahaya yang dapat dilakukan secara online, beresiko besar mengakibatkan ditanamkannya virus atau bom waktu lainnya dari seorang cracker. Namun pengguna internet yang mahir sekalipun terkadang masih tertipu oleh para kriminal yang menciptakan halaman YouTube palsu - sebuah replika yang identik dengan situs aslinya untuk menyisipkan malware di dalam sebuah unduhan yang tampaknya datang dari sumber terpercaya.

Screenshot YTFakeCreatorSebuah program bernama YTFakeCreator yang dapat dengan mudah membuat halaman YouTube palsu tersebut sudah tersedia online (link sengaja tidak saya berikan). Pengguna yang menerima email yang membawanya ke halaman palsu tersebut akan melihat pesan eror yang mengklaim bahwa video yang ingin mereka lihat tidak dapat diputar tanpa terlebih dahulu menginstal perangkat lunak baru. Pesan eror tersebut juga menampilkan sebuah link yang mengirimkan virus.

Lebih parah lagi: setelah komputer terinfeksi, sangat mudah bagi para cracker untuk mengarahkan korban kepada halaman YouTube asli untuk melihat video yang ingin mereka lihat — dan menyembunyikan kejahatannya.

Taktik itu sendiri bukanlah hal baru — dan termasuk dalam kategori phishing yang sudah sering diterima banyak orang. Para kriminal online selalu berusaha untuk membuat tiruan situs-situs terkenal untuk memperdayai pengunjung.

Jamz Yaneza dari Trend Micro mengatakan bahwa “taktik ini sangat akurat, dan sangat menakutkan. Apabila saya menonton video YouTube sepanjang hari saya juga kemungkinan besar akan mengunjungi situs ini.” (via physorg)

Bedanya dengan phishing biasa, apabila biasanya kita menerima link yang membawa kita ke situs-situs finansial (PayPal, KlikBCA) — kali ini mereka membawa kita ke salah satu situs hiburan terpopuler dunia. Terlebih lagi, YouTube menggunakan teknologi Flash, sehingga tidak mustahil bila YouTube meminta pengunjung untuk menginstal sesuatu yang lebih baru — ditambah lagi YouTube belakangan ini juga sangat gencar dalam meluncurkan fitur-fitur baru.

Ini menunjukkan bahwa kriminal semakin mahir dalam menciptakan situs gadungan dan menggunakan social engineering yang memanfaatkan psikologi manusia untuk menipu pengguna.

Extension Locationbar2 untuk FirefoxUntungnya, para pengguna yang selalu waspada masih dapat melihat tanda-tanda halaman YouTube palsu. Untuk situs palsu, browser Anda tidak akan menunjukan alamat YouTube yang asli. Dan bahkan untuk sampai pada halaman tersebut, Anda harus terlebih dahulu mengikuti sebuah link yang dikirimkan kepada Anda, yang seharusnya sudah langsung Anda curigai. Apabila Anda menggunakan Firefox, extension Locationbar2 juga dapat membantu Anda mengenali situs YouTube gadungan.

3. Bahasa pemrograman terbaru

1. Java merupakan bahasa yang matang. Java sudah teruji. Java mempunyai kecepatan yang tinggi (terlepas dari apa yang diklaim oleh kebanyakan developer anti-Java).. Kode Java juga cenderung panjang. Dari Java ke Ruby, bisa dipastikan source code Anda akan menciut/mengecil. Dan sangat besar kemungkinan bahwa untuk membuat prototype di Ruby Anda membutuhkan waktu yang jauh lebih singkat daripada membuatnya di bahasa Java.
Contoh Source Code

Berikut ini adalah contoh program untuk menjumlahkan dua angka (diinputkan dari keyboard) di Java:

import java.io.*;

public class Addup

{

static public void main(String args[]) throws Exception {

InputStreamReader stdin = new InputStreamReader(System.in);

BufferedReader console = new BufferedReader(stdin);

int i1 = Integer.parseInt(console.readLine());

int i2 = Integer.parseInt(console.readLine());

System.out.println(i1 + i2);

}

}

Anda dapat menuliskan program tersebut di Ruby sebagai berikut:

a = gets.to_i

b = gets.to_i

c = a + b

puts c

Sumber: A Very Quick Comparison of Popular Languages for Teaching Computer Programming, dengan modifikasi dari Yohanes Santoso
Kemiripan Ruby dan Java

Sama seperti Java, di Ruby…

* Memory diatur secara otomatis melalui garbage collector.
* Obyek diperlakukan secara strongly typed.
* Metode bersifat public, private, atau protected.
* Ada tool untuk dokumentasi dalam kode (di Ruby dikenal dengan sebutan RDoc). Dokumentasi yang dihasilkan oleh rdoc kelihatan sangat mirip dengan yang dihasilkan oleh JavaDoc.

Perbedaan Ruby dan Java

Tidak seperti Java, di Ruby,...

* Anda tidak perlu meng-compile kode Anda. Anda cukup menjalankan saja langsung melalui interpreter Anda.
* Ada perbedaan toolkit GUI. Rubyist dapat mencoba WxRuby, FXRuby, Ruby-GNOME2, atau yang sudah disertakan dengan Ruby seperti Tk.
* Anda menggunakan keyword end setelah mendefinisikan macam-macam hal di Ruby seperti class, sebagai pengganti kurawal buka dan kurawal tutup di sekitar blok kode.
* Anda menggunakan require di Ruby, bukan import.
* Semua anggota variabel adalah private. Dari luar, Anda mengakses semua variabel tersebut lewat bantuan metode.. Anda bisa mengotomatisasi proses ini menggunakan bantuan attr_reader, attr_writer, maupun attr_accessor.
* Buka dan tutup kurung di saat pemanggilan metode biasanya opsional (boleh dipakai boleh juga tidak) dan biasanya tidak dipakai.
* Semua adalah obyek, termasuk angka (obyek bertipe Fixnum) seperti 2 dan 3.14159..
* Tidak ada static type checking. Semua pengecekan tipe bersifat dinamis tapi tetap strongly typed.
* Nama-nama variabel hanya label. Nama variabel tidak punya type yang terkait dengan keberadaan variabel.
* Tidak ada deklarasi tipe. Anda cukup assign ke nama variabel baru jika diperlukan dan sudah otomatis dibuatkan oleh Ruby (contoh a = [1,2,3] sudah cukup di Ruby, tidak membutuhkan deklarasi eksplisit misalnya int [] a = {1,2,3};).
* Tidak ada casting. Solusinya, cukup panggil metode yang diinginkan. Anda dapat menggunakan unit test untuk mengecek kesalahan pada kode atau adanya exception.
* Di Ruby, foo = Foo.new( "hi"), bukan foo = new Foo( "hi" ).
* Konstruktor selalu dinamakan initialize, bukan sama nama kelas tersebut seperti di Java.
* Anda punya “mixin” yang bisa menggantikan interface.
* YAML lebih banyak digunakan ketimbang XML.
* null disebut nil di bahasa Ruby..
* Penanganan untuk == berbeda dengan equals() di Ruby. Gunakan == kalau Anda ingin test ekivalensi di Ruby (kalau di Java pakai equals()). Di Ruby, gunakan equal?() kalau Anda ingin mengetahui apakah dua obyek sama atau tidak (di Java pakai ==).

Bahasa Pemrograman Ruby di Platform Java

Perkembangan terbaru memungkinkan menjalankan kode Ruby pada platform Java.

JRuby adalah interpreter Ruby yang dikembangkan menggunakan platform Java. Dengan JRuby, Anda dapat menjalankan secara langsung kode Ruby (bahkan Rails!) pada sebuah Java Runtime Environment. Anda juga dapat mengakses library Java dan juga sebaliknya. JRuby sudah cukup matang dan dapat digunakan untuk menjalankan sebagian besar kode Ruby tanpa perubahan apapun. Thoughtworks menggunakan JRuby dalam pengembangan aplikasi-aplikasi mereka.

XRuby meng-compile kode Ruby ke dalam bytecode Java. Proyek ini semakin berkembang dari hari ke hari.

Tidak ada komentar: